Pemdes Kali 1 Salurkan 670 Ekor Ayam Kampung Ke Masyarakat

oleh -473 Dilihat
oleh

TUBARSNEWS.COM-Pemdes Kali 1 menyalurkan bantuan ayam kampung untuk masyarakat dengan total 335 Kepala Keluarga. Penyaluran Ayam Kampung ini merupakan Program Bantuan Ketahanan Pangan dari Dana Desa, tahun anggaran 2023.

Desa dikoordinir langsung kepala Desa Fhuzi Utama bersama pendamping serta perangkat Desa menyalurkan bantuan ayam kampung untuk ke warga untuk diternak.Diharapkan bantuan ini akan memberi manfaat bagi warga penerima dalam membantu penguatan ekonomi.

“Alhamdulillah,kami telah menyalurkan Bantuan ayam kampung dengan total penerima 335 Kepala Keluarga.Per KK menerima 2 ekor ayam dengan total 670 Ekor,”kata kades.

Untuk 335 KK ini. Dalam rangka kita memberikan rasa keadilan dan pemerataan bantuan untuk warga warga.

Lebih Jauh Kades menjelaskan,“Ayam kampung  pertama telah dinyatakan lolos dan lulus uji dari Balitbangtan (Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian). Memiliki kelebihan dari ayam kampung biasa,yakni Jika ayam kampung biasa 3 sampai 4 bulan masih tergolong kecil.Namun ayam kampung unggul ini dalam jangka waktu 60 hari atau 2 bulan sudah bisa panen.Dengan berat 1 kg – 1,2 Kg .Itu diusia segitu.Kalau lebih lama lagi.Ayam ini bisa mencapain 3,5 kg Beratnya.Namun kalau pedaging,yang dicari dipasaran itu berat ayam diangka 1 kilogram,tergolong muda. Artinya apa semua yang saya jelaskan ini?.Artinya kita dapat memangkas waktu panen yang cukup berarti dari ayak kampung biasa didalam pemanenannya”.

“Selain sebagai pedaging, ayam ini juga bisa dimanfaatkan sebagai petelur,” Pungkas Kades. ( Adis/ Adv)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *