Kejar Target UHC, Bappelitbangda Gerak Cepat Sosialisasi JKN

oleh -1516 Dilihat
oleh

TUBARSNEWS.COM-Kabupaten Bengkulu Utara melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah saat ini terus melakukan berbagai upaya dalam mengejar target UHC (Universal Health Coverage) Kabupaten Bengkulu Utara Tahun 2023.

Saat ini angka UHC Kabupaten Bengkulu Utara berada diangka 89,52% angka ini masih dibawah 97% pada tahun 2023. Terkait kepesertaan jaminan kesehatan nasional (JKN) atau masih selisih 7.48% untuk mencapai target UHC tersebut.

Untuk mengejar target tersebut, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara langsung gerak cepat. Adapun upaya yang dilakukan yaitu gencar melakukan sosialisasi pada masyarakat terkait pentingnya JKN, memberikan himbauan kepada para pengusaha untuk dapat mendaftarkan karyawannya masuk menjadi peserta JKN, serta menghimbau kepada masyarakat yang telah mampu untuk mendaftar secara mandiri melalui Pemerintahan Kecamatan dan Desa.

Dari jumlah warga Kabupaten Bengkulu Utara saat ini 296.130 orang yang telah masuk menjadi peserta JKN sebanyak 265.096 orang atau sekitar 89,52%. Adapun rinciannya adalah penerima bantuan iuran (PBI) APBN sebanyak 138.051 orang, PBI APBD sebanyak 17.371 orang, PPU (pekerja penerima upah) mencakup ASN, TNI, Polri, Pegawai swasta, BUMN, BUMD sebanyak 57.798 orang, PBPU (pekerja bukan penerima upah) sebanyak 49.470 orang dan BP (bukan penerima upah) mencakup investor, pemberi kerja, veteran, perintis kemerdekaan dan pensiunan sebanyak 2.406.

Kepala Bappelitbangda Kabupaten Bengkulu Utara menghimbau kepada masyarakat Bengkulu Utara yang belum ikut kepesertaan BPJS akan ditanggung oleh pemerintah dengan modal KTP saja.

” Dak Perlu repot repot banyak persyaratan cukup dengan KTP saja. Sekarang KTP semua sudah e-KTP,” Pungkas Kepala Bappelitbangda Dodi Hardinata. ( Jonbew/adv)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.