Masyarakat Desa Kelilik Gembira, Pembagian BLT-DD Sukses Disalurkan

oleh -237 Dilihat
oleh

Kepahiang, Tubers news.Com – Pemerintah Desa keliling Kecamatan Kepahiang Kabupaten Kepahiang melaksanakan pembagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap 1 di balai desa kelilik rabu (29/3/2024)

Hadir dalam acara tersebut, Kades berlian Bhabinkamtibmas, Babinsa, Camat, PMD, BPD, TPK,dan masyarakat.

BLT Dana Desa 2024ini sudah bisa dicairkan bulan Januari 2024 ini, namun ada aturan baru yang memang harus diperhatikan oleh penerima BLT Dana Desa Ekstrem ini.

Menariknya, jika di tahun 2024 para penerima BLT Dana Desa hanya bisa mendapatkan satu bantuan saja dari pemerintah yakni BLT Dana Desa. Maka tahun 2024 ini penerima BLT Dana Desa masih bisa dapat bansos lainnya seperti Kartu Sembako, Kartu Prakerja, Bantuan Sosial Tunai dan sebagainya.

Saat ini landasan penyaluran BLT Dana Desa 2024 melainkan untuk percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem di Indonesia. Selain itu, bantuan hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang masuk kategori miskin ekstrem.

Maka, sebelum melakukan penetapan dan penyaluran BLT Dana Desa 2024, perangkat desa harus melakukan pendataan dan survei langsung ke rumah penerima. Jika dalam satu desa tidak terdapat keluarga miskin ekstrem, maka perangkat desa bisa melihat daftar keluarga miskin ekstrem di desa 1-4 sekitarnya.

Apabila tidak ada juga, barulah penetapan penerima BLT Dana Desa 2024 menyasar keluarga yang kehilangan mata pencaharian, keluarga yang memiliki anggota keluarga rentan sakit menahun atau kronis, memiliki anggota rumah tangga tunggal lansia ataupun difabel.

Pencairan BLT Dana Desa 2024 setiap bulan dari bulan Januari hingga Desember sebesar Rp 300 ribu. Tetapi bisa juga dicairkan maksimal tiga bulan sekali, sehingga penerima akan mendapatkan Rp 900 ribu setiap kali pencairan.

“Dalam pembagian BLT DD tahap 1, sebanyak 22 KPM sudah menerima BLT, Alhamdulillah semoga bermanfaat. “ujar kades Berlian. (Cun Hamzah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *