Darma Bakti TMMD ke-120, Kodim 0423 Bengkulu Utara Resmi di Bukak

oleh -211 Dilihat
oleh

TUBARSNEWS.COM – Kodim 0423/BU bekerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Bengkulu Utara menggelar upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke -120 Tahun 2024.

Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 tahun 2024 Kodim 0423/BU berlangsung di Lapangan Sepak Bola, Desa Bukit Tinggi Kec. Ketahun, Kabupaten. Bengkulu Utara. Rabu (08/05/2024)

Bertindak sebagai Irup, Bupati Bengkulu Utara Bapak Ir.Mian, Komandan Upacara Danramil 423-01/Ketahun Kapten Inf Yudi Triawan, Perwira Upacara Pasi Pers Kapten Inf Aprial dan pasukan Upacara terdiri dari TNI/POLRI, Satpol PP dan masyarakat.

Pada TMMD ke-120 Kodim 0423/BU mengusung Tema ” Dharma Bhakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan Di Wilayah” yang mana dilaksanakan di Desa Bukit Tinggi Kecamatan Ketahun berlangsung dari tanggal 8 Mei – 6 Juni 2024.

Pada kegiatan TMMD ke-120 Kodim 0423/BU akan di fokuskan pada dua sasaran target yang akan dilasanakan, yaitu sasaran fisik berupa :
1) Pekerjaan buka badan jalan sepanjang 3 KM dan lebar 6 meter.
2) Pekerjaan pengerasan badan jalan sepanjang 3 KM, lebar 4 meter dengan ketebalan 15 CM; dan
3) Pekerjaan rabat beton sepanjang 320 meter, lebar 4 meter dan ketebalan 15 CM.
4) Pekerjaan pembuatan tugu prasasti 1 unit
5) Pekerjaan pembuatan sumur bor sebanyak 3 unit
6) Pekerjaan Rehabilitasi Posyandu 1 unit
7) Pekerjaan pembangunan RTLH 2 unit dan Sasaran tambahan yaitu pembuatan Hanpangan Kolam Ikan, pembuatan Hanpangan Jagung dan pembuatan Hanpangan Padi.

Kemudian target selanjutnya berupa sasaran nonfisik, dalam sasaran nonfisik ini akan dilaksanakan kegiatan berupa penyuluhan Penyuluhan bela negara dan wawasan kebangssaan, Penyuluhan pertanian, Penyuluhan Kamtibmas,Penyuluhan bahaya narkoba, Penyuluhan Pos Bindu PTM, Penyuluhan Kerukunan Antar Umat Beragama, Penyuluhan stunting dan Kegiatan Bakti Sosial antara lain Donor darah, sunat massal, Pembagian Sembako dan Pengobatan massal.

Dalam Upacara Pembukaan TMMD ke – 120 Kodim 0423/BU di hadiri oleh Bupati Bengkulu utara Ir H. Mian, Kasi Ter Korem 041/ gamas Letkol Inf Mustofa Akbar SE MI, POL, Kapolres Bengkulu Utara diwakili Oleh Kabag Ops Kompol Bakti, SH, Dandim 0423 BU Letkol Kav Aidil Hajri M. HAN, Kajari Bengkuku Utara diwakili Oleh jaksa Robin, SH, Setda Kab. Bengkulu Utara Fitriansyah S.Stp MM. Danpos Mukomuko Leda Laut (Suplai) Ariyanto, Kadis PUPR Ir Buyung Azhari, Kepala Bappedalitbangda Dr. Dodi hardinata
OPD Kabupaten Bengkulu Utara, Kapolsek Ipda Ketahun Simaremare, Jajaran Danramil Dim 0423/BU, Camat Ketahun, Kades Sekecamatan Ketahun, Persit KCK XLV Dim 0423/BU dan Masyarakat.

Adapun Amanat Bupati Bengkulu Utara menyampaikan :
1. Pada kesempatan pagi hari ini, tidak henti-hentinya kita panjatkan puji dan syukur kehadirat tuhan YME, karena atas limpahan rahmat dan karunia-nya kita dapat hadir untuk mengikuti upacara pembukaan TMMD ke-120 ΤΑ 2024 dalam keadaan sehat wal’afiat. Pembukaan TMMD Ke-120 TA 2024 yang kita laksanakan hari ini, juga akan diikuti diseluruh wilayah tanah air. untuk itu, saya berharap kegiatan selama 30 hari ini, dapat semakin dirasakan manfaatnya bagi masyarakat yang ada diseluruh sasaran pelaksaan tmmd, khususnya di Desa Bukit Tinggi Kecamatan Ketahun Kabupaten Bengkulu Utara.

2. Sebagaimana dipahamai bersama, bahwa program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler adalah program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Polri, Kementerian, lembaga pemerintahan non-kementerian dan pemerintah daerah, serta segenap lapisan masyarakat untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memantapkan wawasan kebangsaan serta membangun persatuan dan kesatuan bangsa rangka menjaga keutuhan NKRI. TMMD reguler ke-120 yang akan kita laksanakan sekarang ini mengusung tema “DHARMA BHAKTI TMMD MEWUJUDKAN PERCEPATAN PEMBANGUNAN DIWILAYAH”. ini sejalan dengan visi pemerintah, yaitu terwujudnya indonesia yang berdaulat, mandiri berkepribadian berlandaskan gotong royong. Implementasi budaya gotong royong ini telah mengakar di negara kita, melalui semangat kebersamaan, persaudaraan, persatuan dan kesatuan untuk bersama- sama serta bersatu-padu membangun daerahnya masing- masing.

3. Program TMMD selama ini telah membantu tugas pemerintah daerah dalam meningkatkan akselerasi bangunan di daerah dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, melalui program TMMD secara berkesinambungan diharapkan akan dapat mewujudkan ketahanan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi berbagai macam bentuk ancaman, yang muaranya akan berdayaguna bagi kepentingan pertahanan negara.

4. Dalam program TMMD reguler ke-120 ini, TNI AD bekerjasama dengan pemerintah daerah diseluruh tanah air melaksanakan kegiatan sasaran fisik dan non-fisik. sasaran non-fisik antara lain berupa penyuluhan- penyuluhan tentang perlindungan dan jaminan sosial bagi masyarakat miskin serta membangun manusia dan lingkungan serta ceramah wawasan kebangsaan, sedangkan sasaran fisik yang dilakukan tetap di prioritaskan pada pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana fasilitas umum lain yang menjadi kebutuhan masyarakat di daerah, dalam rangka memberdayakan masyarakat perdesaan.

5. Dalam konteks kepentingan kemanunggalan TNI rakyat, maka kepada seluruh anggota, saya tekankan agar mengoptimalkan program TMMD sebagai salah satu langkah nyata dalam mewujudkan serbuan teritorial dengan kebersamaan dan kemanunggalan seperti ini, pada gilirannya kita akan dapat mewujudkan tri sukses TMMD, yaitu sukses dalam penyelenggaraan TMMD, sukses memperkokoh kemanunggalan tni rakyat dan sukses dalam meningkatkan budaya gotong royong di tengah- tengah masyarakat. Kepada seluruh prajurit dan segenap lapisan masyarakat, saya berpesan untuk terus memelihara mangat kebersamaan dan kemanunggalan TNI rakyat, jangan mudah terhasut dan terprovokasi oleh pihak manapun yang ingin memecah persatuan dan kesatuan bangsa ini

Sementara itu, Dandim 0423/BU Letkol Kav Aidil Hajri, M.Han menambahkan, kegiatan TMMD ke-120 tahun 2024 yang dilaksanakan oleh Kodim 0423/Bengkulu Utara bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat yang menyasar pada pembangunan akses jalan dan perbaikan pada sasaran fisik dan non fisik.

“Dengan kegiatan tersebut, diharapkan dapat tepat sasaran yang mana hasilnya benar-benar membawa perubahan di lingkungan masyarakat dalam kemajuan pembangunan,” ungkap Dandim. (jonbew)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *