Kamis, Desember 2
Shadow

Bupati Hadiri Rakor Satgas Covid-19 RI Provinsi Lampung

BANDARLAMPUNG.TUBARSNEWS.COM- Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani, menghadiri Rapat Koordinasi Satuan Tugas (Satgas) Covid 19 Provinsi Lampung bersama Ketua Satgas Penanganan COVID-19 RI yang sekaligus Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB); Doni Monardo, Gubernur Lampung; Arinal Djunaidi serta Bupati/Walikota se Provinsi Lampung, di Gedung Pusiban, Komplek Kantor Gubernur Lampung, Jum’at (19/03/2021).

Dalam rakor tersebut Doni Monardo memberikan ‘warning’ kepada Pemerintah Provinsi Lampung dalam penangganan Covid-19. Pasalnya ia mengungkapkan, angka kematian (mortality rate) akibat COVID-19 di Lampung mencapai 5,32 persen, atau jauh diatas presentase kematian secara nasional yang berkisar 2,70 persen.

Doni menegaskannya, meski penanganan kasus COVID-19 di Lampung secara umum sudah cukup baik, namun ia meminta agar Pemprov Lampung mengevaluasi kembali penanganan serta pencegahan penyebaran Covid-19, hingga kasus kematian akibat wabah tersebut bisa menurun.

“Patut menjadi perhatian, dengan angka kematian akibat COVID-19 yang cukup tinggi mencapai 5,32 persen di bulan Januari, maka kita semua harus berbenah,” ujar Doni Monardo.

Doni mengungkapkan berdasarkan data yang dihimpun, kasus meninggal dunia didominasi oleh kelompok rentan, yaitu yang memiliki usia di atas 47 tahun serta memiliki komorbid, sehingga penanganan yang tepat dan cepat menjadi salah satu solusi menurunkan angka kematian ini.

“Namun angka tersebut terus mengalami penurunan pada bulan Februari hingga Maret,” ulasnya.

Atas kondisi tersebut, Doni dihadapan awak media memberikan apresiasi lebih pada upaya Pemprov Lampung yang secara umum menunjukan angka kasus aktif jauh di bawah nasional, serta angka kesembuhan yang berada di atas angka nasional, sehingga diharapkan angka kematian pun dapat menurun.

Sementara itu Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi mengatakan, pihaknya akan segera melakukan rapat koordinasi bersama dengan Dokter serta Rumah Sakit yang ada di Lampung untuk menurunkan angka kematian.

“Kita harus tetap berupaya sebagaimana yang sakit harus diperjuangkan dengan sebenarnya. Karena pada prinsipnya Lampung masih dalam kondisi yang aman dan terkendali,” ungkap Arinal.

Terpisah Bupati Hj Dewi Handajani, menyatakan siap untuk meningkatkan penanganan Covid 19 di Kabupaten Tanggamus.

“Tentu dari apa yang disampaikan Pak Doni tadi, akan kita sikapi. Agar Satgas Covid 19 Kabupaten Tanggamus lebih meningkatkan upaya pencegahan dan meningkatkan penanganan terhadap pasien Covid 19.”

“Alhamdulillah juga kasus Covid 19 di Kabupaten Tanggamus sudah menurun, dan kembali ke zona oranye, dan ini akan terus kita upayakan agar kembali ke zona hijau,” pungkas Bupati. (Kominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *