Cegah Wabah Penyakit, Kodim 0423 BU Bersihkan Lingkungan Pasar

oleh -332 Dilihat
oleh

TUBARSNEWS.COM– Kodim 0423 Bengkulu Utara Melaksanakan Pembersihan Lingkungan Pasar Untuk Mencegah Pasar dan Wabah Penyakit. Kegiatan itu bertemakan “Pembersihan Pasar Rakyat, TNI Bersinergi Tanggap Bencana dalam rangka HUT ke 78 Kodam II/Swj”.

Melalui kerjasama dan kolaborasi dengan stake holder terkait. Seperti Pemerintah Kabupaten, Polres, Pemerintah Desa, Organisasi Kemasyarakatan, Siswa dan Masyarakat. Kodim 0423/BU melaksanakan aksi bersih-bersih pasar tradisional dalam rangka pencegahan bencana banjir dan wabah penyakit menghadapi datangnya cuaca penghujan yang terjadi di Kabupaten Bengkulu Utara.

Pada titik kegiatan pertama, pembersihan di lakukan di lingkungan Pasar Purwodadi Kecamatan Arga Makmur. Kemudian pada titik ke dua, di laksanakan di lingkungan Pasar KTM Lagita D1 Kecamatan Ketahun, Kabupaten Bengkulu Utara.

Aksi bersih-bersih meliputi pengerukan sampah, pembuangan sampah pembersihan selokan, penebasan rumput-rumput liar hingga menutup lubang-lubang genangan air.

Dandim 0423/Bengkulu Utara Letkol. Kav. Aidil Hajri, M.Han mengatakan kegiatan karya bakti bersih-bersih pasar di sentra publik ini bisa meminimalisir banjir, perkembangan wabah penyakit, seperti DBD maupun penyakit kulit yang rentan menyerang saat musim penghujan tiba.

“Harapan kami apa yang telah kita laksanakan bersama hari ini bisa menjadi contoh kegiatan positif bagi seluruh masyarakat. Sehingga kedepan, tingkat kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan sekitar terus tertanam. Sebab, jika tidak kita siapa lagi,” katanya di sela-sela kegiatan pembersihan di Pasar KTM Lagita Ketahun, (7/12/2023) .

Ia juga menegaskan jika kegiatan karya bakti tersebut bukan hanya dilaksanakan saat ini saja. Aidil Hajri memastikan kegiatan tersebut akan terus dilakukan secara rutin dan kontinu di lokasi-lokasi yang berbeda.

“Melalui sinergitas dan kolaborasi bersama para stake holder kami akan terus inventarisir titik-titik mana yang perlu kita lakukan penanganan antisipasi bencana banjir maupun wabah, menghadapi musim penghujan ini,” bebernya.

Warga setempat, Sigit Yulianto mengaku sangat berterima kasih atas dilaksanakannya kegiatan karya bakti atau pembersihan pasar oleh para anggota TNI beserta pihak-pihak terkait.

“Kegiatan ini tentu menjadi motivasi bagi kami agar kedepan rasa kepedulian terhadap kebersihan lingkungan bisa lebih kami tingkatkan lagi. Sebab, lokasi pasar merupakan lokasi yang rawan kotor dan tanpa kerja sama yang baik tentu bisa menjadi lokasi munculnya wabah penyakit di musim penghujan,” katanya.

Terpisah Camat Ketahun, Nasri mengaku berterima kasih kepada Kodim 0423/BU yang telah menginisiasi kegiatan karya bakti pembersihan lingkungan ini.

Ia pun mengaku akan siap terus melaksanakan program baik ini, bersama unsur TNI Polri, stake holder dan masyarakat secara berkesinambungan.

“Kegiatan TNI ini merupakan sebuah contoh yang patut kita anut. Maka itu, kedepan kita akan laksanakan kegiatan bersih bersih tersebut minimal satu kali setiap bulan. Kami akan terus minta dukungan TNI untuk kegiatan tersebut,” tutupnya. (Jonbew)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.