Pemdes Karang Anyar Musdes Validasi, Finalisasi Penerima BLTDD Tahun 2024

oleh -186 Dilihat
oleh

TUBARSNEWS.COM-Musdes khusus validasi, finalisasi dan penetapan calon penerima manfaat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Tahun 2024 di Desa Karang Anyar 1 Kecamatan Kota Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara dilaksanakan pada hari Kamis (21/12/2023).

Hadir pada kegiatan tersebut, Pihak Camat Kota Arga Makmur, Bhabinsa, Kepala Desa dan perangkat desa Karang Anyar 1, Ketua BPD dan anggota, Tokoh Masyarakat, Pendamping Desa dan Perwakilan Perempuan serta para tamu undangan lainnya.

Kepala Desa Karang Anyar 1 Ayatullah Kumaini menyampaikan, dalam rangka Penetasan Kemiskinan Ekstrem pigaknya melaksanakan Musdes khusus yang dilaksanakan pada hari ini merupakan rangkaian tahapan yang telah dilakukan oleh desa dalam menyusun penerima manfaat BLT DD dengan melibatkan semua pihak.

Sebelumnya, Kades telah memberikan arahan kepada Kepala Dusun untuk dilakukan pendataan dan usulan untuk menjadi penerima manfaat BLT DD dengan persyaratan yang sudah ditentukan pemerintah pusat maupun daerah. Sehingga data yang telah ada merupakan orang yang masuk kategori layak untuk menjadi penerima manfaat BLT DD dan yang belum masuk dalam data base DTKS.

Musdes kali ini diagendakan validasi, finalisasi dan sekaligus penetapan data, yang mana sumber data yang akan di sepakati tersebut ada dua yaitu data DTKS dan data hasil usulan dari Kadun masing masing dan telah dilakukan penyaringan.

Kepala Desa menegaskan, bahwa kedua sumber data ini dapat menjadi calon penerima BLT DD dikarenakan merujuk juknis dari pemerintah pusat, data para calon penerima BLT DD yang telah disusun tersebut masuk kategori;
a. Bukan penerima PKH
b. Bukan penerima BPNT
c. Bukan penerima kartu pra kerja
d. Bukan penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dri kementerian sosial.

Sesuai arahan dan himbauan dari pemerintah pusat bahwa yang berhak menerima BLT DD adalah orang miskin yang kehilangan mata pencaharian akibat covid19 atau dalam keluarga mereka ada yg mengidap penyakit kronis/menahun.

” Untuk tahun 2024 Penerima BLTDD sebanyak 41 KPM. Sebelumnya terdiri dari 44 KPM, dikarenakan ada yang meniggal sehingga penerima manfaat menjadi berkurang, ”

Sementara, dari pihak Kecamatan Kota Arga Makmur dalam arahannya menegaskan bahwa jangan sampai masih ada orang miskin yang terlupakan pada saat pendataan dan juga tidak masuk dalam data DTKS, maka masih besar peluang di musyawarahkan sekarang, Jangan sampai dikemudian hari ada warga desa yang merasa miskin namun tidak terfasilitasi Sehingga menimbulkan masalah dikemudian hari, Pungkasnya. (Jonbew)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *