Disdik Bengkulu Utara Adakan Sosialisasi Dimensi Tentang Kebudayaan

oleh -302 Dilihat
oleh

TUBARSNEWS.COM-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkulu Utara melaksanakan sosialisasi Dimensi Kebudayaan. Sosialisasi dilaksanakan di Hotel Raflesia Kelurahan Purwodadi Kecamatan Kota Arga Makmur, Rabu (20/12/2023).

Sosialisasi tersebut diselenggarakan dalam rangka program pengembangan kebudayaan khususnya pengenalan bahasa adat istiadat sebagai wujud pelestarian budaya bangsa Indonesia dan sebagai kegiatan pelestarian kesenian tradisional masyarakat pelakunya dalam Desa/kota.

Tradisi ini sendiri merupakan jenis kesenian tradisi dalam bentuk tembang yang berkembang di Kabupaten Bengkulu Utara dan terkandung makna serta maksud yang berbeda antara tembang satu dengan yang lainnya.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkulu Utara Drs. Fahrudin melalui Sekdis Sugeng Wiyono, M.Pd menyampaikan kepada para peserta yang hadir agar benar-benar menyampaikan tradisi tradisi di desa maupun dikota tersampaikan dengan baik dan benar benar diterapkan.

“Semangat untuk kita semua dalam menyampaikan budaya Kabupaten Bengkulu Utara, khususnya bujangan, muda dan mudi kepada generasi penerus yang ada didesa maupun yang ada dikota kabupaten”, ujarnya.

Komitmen Disdik Bengkulu Utara dalam melestarikan tradisi ini adalah dengan banyaknya digelar lomba bahasa, bujanggaan, baju adat dan lain sebagainya hal itu sudah di lakukan mulai tingkat SD & SMP se-Kabupaten Bengkulu Utara.

Narasumber yang hadir pada sosialisasi Dimensi Kebudayaan ini adalah Prof. Sarwit Sahono, M.Hum Guru Besar Universitas Bengkulu (Unib). Sosialisasi ini turut dihadiri oleh Kepala Desa dan tokoh masyarakat dari berbagai suku yang ada di kabupaten Bengkulu Utara, Kepala Bidang Kebudayaan (Kabid) Reinhard Nababan,SE serta para tamu undangan. (Jonbew)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *