Sosialisasi Perlindungan Anak dan Perempuan, Ini Harapan Kades Babakan

oleh -16 Dilihat
oleh

TUBARSNEWS.COM – Sering kali kita melihat persoalan di masyarakat yang berujung langsung ke ranah hukum, sedangkan banyak cara yang dapat ditempuh untuk mewujudkan keamanan dan ketentraman di lingkungan desa.

Salah satunya melalui perlindungan anak dan berbasis masyarakat yakni, Pemerintah Desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa agar dapat terjalin membentuk penguatan untuk membantu menuntaskan permasalahan yang ada di desa.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh, Kepala Desa Babakan Bogor (giran), Bhabinkamtibmas (Briptu. Gilang AP. SH), Babinsa (Serka. Bhaktiar), awak media serta beberapa elemen tokoh masyarakat.

Hal inilah yang menjadi topik pembahasan pada saat Sambang Desa Babakan Bogor di Kantor Desa Babakan Bogor Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, Rabu (9/7/2024). Kepala Desa babakan bogor, Giran mengatakan, harapannya dengan perlindungan anak dan barbasis masyarakat agar dalam menyikapi persoalan di tingkat desa tidak di besar-besarkan cukup diselesaikan dengan musyawarah, duduk bersama dengan para pihak.

Tugas pokok Kepala Desa yakni harus memegang teguh pengamalan Pancasila, UUD 1945, memelihara keutuhan NKRI, harus bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memelihara ketentraman dan ketertiban. ” Persoalan di desa dapat terselesaikan secara musyawarah dengan tetap mengedepankan mufakat sehingga tidak ada para pihak yang dirugikan melalui perlindungan anak dan barbasis masyarakat ini,” harap Kades.

Sedangkan Bhabinkamtibmas harus dapat membimbing masyarakat bagi terciptanya pemeliharaan keamanan dan ketertiban, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman masyarakat di desa. Babinsa memiliki peran melatih satuan perlawanan rakyat, memimpin perlawanan rakyat di desa memberikan penyuluhan bela negara, pembangunan masyarakat terutama dibidang keamanan negara.

Dalam mensinergikan perlindungan anak dan barbasis masyarakat harus memegang beberapa prinsip yang harus dilaksanakan seperti, komunikasi intensif, transparansi dan sinergi yang harmonis juga kesetaraan dalam penyelesaian masalah, tandasnya. (Cun Hamzah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *