Program Ketahanan Pangan, Desa Kota Lekat Mudik Salurkan Bantuan Bibit Sayuran 

oleh -479 Dilihat
oleh

TUBARSNEWS.COM-Pemerintahan Desa Kota Lekat  Mudik Kecamatan Hulu Palik, Kabupaten Bengkulu Utara, Rabu (10/5/2023) menyalurkan Bantuan Ketahanan Pangan Dana Desa berupa Pengadaan Bibit Tanaman seperti Bibit Sawi, Bibit Terong Ungu, Bibit Tomat, Bibit Cabe, kepada  petani di Desa Kota Lekat Mudik.

Kades Kota Lekat Mudik Lailatul Azhar melalui Sekdes Kota Lekat Mudik Selina Fitri,S.IP menyampaikan bahwa untuk penyaluran bibit dari program ketahanan pangan ini berupa Waring, Pupuk, dan bibit sayuran serta polibek.

” Adapun yang kita Salurkan saat ini sebanyak 234 Kepala Keluarga dengan Anggaran Ketahanan pangan untuk Desa Kota Lekat Mudik ini berjumlah  Rp.140an juta,” Kata Selina.

Ia menyebut pemanfaatan dana Desa dan penyiapan SDM di Desa merupakan  program dan kegiatan untuk meningkatkan ekonomi warga. 

“Untuk mewujudkan ketahanan pangan yang kuat, kami berharap dapat bersinergi dalam meningkatkan SDM Desa, agar kedepannya bisa lebih meningkatkan pendapatan desa serta warga, paling tidak meringankan beban masyarakat,”jelas Selina.

Kemudian, dirinya meminta kepada para pendamping dan pihak terkait lainnya untuk berperan aktif dalam menguatkan ketahanan pangan dengan mendorong partisipasi aktif masyarakat.

“Pendamping diharapkan dapat berperan aktif dalam mengakselerasi capaian target pembangunan nasional terutama dalam penguatan ketahanan pangan, pengentasan kemiskinan sekaligus pemulihan ekonomi di Desa,” ujarnya.

Sementara, Pendamping Lokal Desa ( PLD) Usman menjelaskan terhadap masyarakat bahwa program ketahanan pangan ini memang instruksi dari pemerintah pusat. Dikarenakan kita semua krisis pangan lantaran dampak dari Covid-19.

” Ketahanan pangan ini bukan hanya di desa ini saja akan tetapi seluruh Desa yang ada diharuskan mengangarkan untuk anggaran Ketahanan pangan. Agar masyarakat tidak mengalami krisis ketahanan pangan,” Kata Pendamping Desa.

Dalam acara tersebut terlihat hadir, Camat Hulu Palik Sahmad yang diwakili oleh Kasi PMD Alondia,S.AP, Bhabinkamtibmas, Pendamping Desa (PD), Pendamping Lokal Desa (PLD), Sekretaris Desa dan Para Perangkat Desa serta para tamu undangan. (Jonbew)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *