Polres Tanggamus Hadiri Simulasi Pemungutan Suara Pilkakon

oleh -1126 Dilihat
oleh

TANGGAMUS.TUBARSNEWS.COM- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus menggelar simulasi pemungutan suara pemilihan kepala pekon (Pilkakon) serentak tahun 2020, Jumat (4/12/20).

Kegiatan dilaksanakan di lapangan Pemkab Tanggamus dihadiri Bupati Hj. Dewi Handajani, Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya, SIK., Dandim 0424/TGM Letkol Inf. Arman Aris Sallo dan Kajari David P. Duarsa.

Hadir juga Kasubdit Fasilitasi Penataan Kewenangan Desa Dirjen Pemerintahan Desa Kemendagri Satria Gunawan dan Kasi Penataan Administrasi Desa Balai Pemerintahan Desa Regional Sumatera Kemendagri Roni Abu Hasan.

Sementara itu, dari Polres Tanggamus juga hadir Wakapolres Kompol Heti Patmawati, SH. SIK., Kabag Ops Kompol Bunyamin, SH. MH., perwakilan Kapolsek yakni Kapolsek Kota Agung AKP Muji Harjono, SE dan Kapolsek Talang Padang AKP Sarwani, SE.

Kegiatan ini juga dihadiri para staf ahli, perwakilan kepala OPD, para Camat, Kasi Pemerintahan dan Kasi Kecamatan serta perwakilan para Pj. Kakon di Kabupaten Tanggamus.

Rangkaian kegiatan simulasi dimulai doa bersama, laporan ketua Pilkakon Tanggamus diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan Faturahman, sambutan sosialisasi Permendagri Nomor 72 Tahun 2020.

Selanjutnya, sambutan Bupati Hj. Dewi Handajani, sambutan Kasi Penataan Administrasi Desa Balai Pemerintahan Desa Regional Sumatera Kemendagri Roni Abu Hasan. Dilanjutkan simulasi pemungutan suara.

Bupati Hj. Dewi Handajani menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi Pilkakon yang Insha Allah akan dilaksanakan pada 16 Desember 2020 juga dilaksanakan sosialisasi Permendagri 17 Tahun 2020.

“Kegiatan dilaksanakan hari ini dilaksanakan sebagai tambahan wawasan, pengetahuan khususnya kepada panitia sehingga pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar dan sukses bebas dari Covid-19,” kata Bupati dalam keterangannya didampingi Forkopimda.

Lanjut, bahwa pelaksanaan Pilkakon Tanggamus merupakan terbesar kedua di Indonesia sebab terdapat dua ratus lebih Pekon/Desa yang akan melakukan pemilihan.

“Pertama Kabupaten Bogor, kemudian Kabupaten Tanggamus kedua sebanyak 220 pekon yang akan melakukan pemilihan,” tegasnya.

Ditempat sama, Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya, SIK mengungkapkan bahwa pihaknya telah siap melaksanakan pengamanan bersama TNI dan instansi terkait.

“Setelah kami melaporkan terkait Pilkakon Tanggamus, Insha Allah jika tidak ada perubahan dan semoga saja Pilkada serentak di Provinsi Lampung aman, akan disiapkan 1259 personel pengamanan. Termasuk dari Polres 350, kemudian BKO Polda termasuk Brimob,” ungkap AKBP Oni Prasetya.

Kapolres menegaskan, dalam pengamanan Pilakon Tanggamus 2020, akan dilakukan pola berbeda dari sebelumnya guna memastikan pengamanan tersebut.

“Pola pengamanan baru dimana selain melakukan pengamanan TPS juga ada personel yang akan memastikan kualitas pengamanan itu, baik yang dilakukan bintara tinggi, Pama, Pamen ada di tempat masing-masing,” tegasnya.

Sambungnya, “Harapannya adalah memastikan keamanan, kelancaran, ketertiban dan tentunya bebas dari Covid-19 dalam hal pelaksanaan Pilkakon di Kabupaten Tanggamus,”.

Ditambahkan Kapolres, terkait pemetan kerawanan Pilkakon, pihaknya telah melakukan identifikasi awal wilayah-wilayah rawan termasuk geografis wilayah sehingga setiap TPS berbeda jumlah personel yang mengamankannya tergantung kriteria tersebut.

“Tentunya hal itu tidak dapat disampaikan ke publik. Namun kami sudah ada kriteria-kriterianya mulai dari kurang rawan, rawan dan sangat rawan. Semoga saja perkiraan tersebut, rawannya karena faktor geografis. Kita berharap bersama dan berdoa bersama, semoga Tanggamus aman, tertib dan bebas dari Covid-19,” pungkasnya. (Eko)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.