Peringati Harlah Pancasila, Lapas Arga Makmur Laksanakan Upacara

oleh -415 Dilihat
oleh

TUBARSNEWS.COM  – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Arga Makmur Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu melaksanakan kegiatan upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023.

Kegiatan yang dipimpin langsung Kalapas Arga Makmur, Luhur Pambudi pada Kamis pagi ( 01/06/2023 ) yang bertindak selaku Inspektur Upacara dengan Perwira Upacara, Safran Aziz dan Komandan Upacara, Andi Wibowo.

Peringatan Hari Lahir Pancasila dengan tema ” Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global ” ini diikuti seluruh Pejabat Struktural Eselon IV dan V, JFU/JFT serta perwakilan WBP Lapas Kelas IIB Arga Makmur yang berjalan aman, tertib dan khidmat.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan laporan Perwira Upacara, selanjutnya penghormatan umum dan laporan Komandan Upacara, dilanjutkan dengan pengibaran Bendera Merah Putih, Mengheningkan Cipta dan pembacaan Pancasila yang diikuti peserta upacara. Kemudian pembacaan Pembukaan UUD 1945 serta Amanat Inspektur Upacara dengan membacakan Sambutan Presiden Republik Indonesia.

Dalam amanat Presiden Republik Indonesia , Joko Widodo yang dibacakan Inspektur Upacara, Luhur Pambudi mengatakan ” Mari Kita Perjuangkan Visi Indonesia 2045 menjadi Indonesia Maju yang Adil, Sejahtera dan Merata serta Berwibawa dalam Percaturan Pergaulan Dunia ” Kata Luhur.

Selanjutnya Andika Bhayangkari, Doa, laporan Komandan Upacara dan penghormatan umum. Upacara yang dilaksanakan di Lapangan Lapas ini mengenakan Pakaian Adat sebagai bentuk keberagaman perwujudan Bhineka Tunggal Ika. Kegiatan diakhiri dengan laporan Perwira Upacara yang dilanjutkan dengan foto bersama.

Kalapas Arga Makmur, Luhur Pambudi mengatakan bahwa Upacara yang dilakukan jajarannya merupakan salah satu hal untuk mengingatkan kita untuk terus mengamalkan nilai ideologi Pancasila , mengenang jasa pendahulu serta mensyukuri prestasi Indonesia berkat bimbingan Pancasila, ujar Kalapas.

Sementara itu Ketua Humas Lapas Arga Makmur, Syarif Hidayat menyampaikan bahwa pelaksanaan upacara ini berpedoman pada Surat Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Nomor SEK-UM.04.01-337  tanggal 19 Mei 2023 hal Pedoman Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-115 dan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 Kementerian Hukum dan HAM. (jonbew)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *