Rabu, Desember 7
Shadow

PemDes Pasar Sebelat Gelar RKP-DES 2022, Sekaligus Monev Kegiatan Tahun 2021

BENGKULU UTARA.TUBARSNEWS.COM- Pemerintah Desa Pasar Sebelat Kecamatan Putri Hijau Kabupaten Bengkulu Utara menggelar RKP-Des 2022 sekaligus Monitoring dan Evaluasi kegiatan tahun 2021 Bertempat di Kantor Desa Pasar Sebelat, Kamis (12/08/2021).

Hadir dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan tersebut, Kepala Desa Pasar Sebelat Zamhari beserta perangkat Desa, Camat Putri Hijau Sutrino, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pendamping Desa dan Perwakilan dari Kecamatan Putri Hijau dan Pendamping Desa. Acara tersebut juga mengundang berbagai komponen dan Kelompok Masyarakat Desa, BPD, Karang taruna, Tokoh masyarakat dan tokoh agama, lembaga adat, sarak serta pengurus PKK.

Rapat dibuka langsung oleh Kepala Desa Zamhari sekaligus mengucapkan selamat datang kepada seluruh yang sempat menghadiri undangan RKP-DES tersebut.

Adapun yang dibahas dalam RKP-Des, yakni rencana kegiatan di tahun 2022 dan yang akan menjadi prioritas, serta evaluasi kegiatan di Tahun 2021 yang sudah dan belum terlaksana. Keterbukaan dan transparansi dalam pelaksanaan program pemerintah Desa Pasar Sebelat, menjadi hal yang wajib demi terwujudnya desa yang maju dan sejahtera.

“Kami Memberi peluang se luas – luasnya untuk mengajukan usulan demi pembangunan dan kemajuan Desa kita bersama-sama. Untuk skala prioritas kali ini melakukan pembangunan Jalan Rabat Beton dan Pengerasan disamping itu ada juga kegiatan Pemberdayaan untuk menambah SDM di tingkat Desa, ” jelas Zamhari.

Pelaksanaan pembangunan Desa, baik yang sudah maupun yang belum terealisasi kami harapkan semampu Desa untuk memperjuangkannya. Akan tetapi pembangunan Desa di masing-masing sektor masih mengalami kendala akibat terjadinya wabah Covid19.

“Pembangunan Masih di fokuskan, mengigat, masyarakat mengharapkan adanya pembangunan untuk memperlancarkan perekonomian mereka. Disamping itu juga memikirkan adanya penyaluran BLT terhadap masyarakat yang terdampak dari wabah Covid19, ” Kata Kades.

Sementara dari Kecamatan Putri Hijau menyampaikan. Dimana beliau menekankan pelaksanaan hari ini diharapkan bisa menentukan atau mengusulkan apa yang menjadi usulan sekala Prioritas pembangunan dan mengajak untuk membangun SDM yang kreatif dan inovatif, dan terus menggiatkan untuk menjadikan Desa yang maju.

“Kami minta untuk mengemas kegiatan ini untuk lebih bermanfaat, mengedepankan Sekala Prioritas Pembangunan secara demokrasi, menyepakati RKPDes 2022 usulan Prioritas sekala Desa, membuat data usulan yang lebih kreatif dan inovatif yang nantinya diusulkan di MusrenbangCam”, ucap Perwakilan Kecamatan.

Lanjut mengungkapkan, dimasa Pandemi Covid19, sudah pasti banyak kegiatan pembangunan yang tertunda. Dimana Dana Desa masih di peruntukan untuk BLT, bantuan langsung tunai terhadap masyarakat yang terdampak Covid19. Maka untuk menyeimbangi pembangunan Desa agar di data dan diusulkan melalui MusrenbangCam sesuai bidangnya, Pungkasnya.

Usai melakukan rapat RKP-DES dilanjutkan dengan Monitoring dan Evaluasi ( Monev) pembangunan Saluran Drainase yang telah dibangun melalui anggaran Dana Desa ( DD) tahun 2021.( Jonbew )

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.