Sabtu, Desember 3
Shadow

Pemberdayaan Lubuk Tanjung Adakan Bimtek Peningkatan Kapasitas BPD

BENGKULU UTARA.TUBARSNEWS.COM – Dalam rangka peningkatan kapasitas, anggota BPD Desa Lubuk Tanjung  kecamatan Air Napal, kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu  mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas. Bertempat di kantor Desa Lubuk Tanjung,Kamis  (13/8/2020).

Ada beberapa materi yang dibahas dalam kegiatan tersebut, antara lain tentang tupoksi, peran BPD, fungsi penjaringan aspirasi, fungsi pengawasan, fungsi legislasi.

Kegiatan yang dibuka oleh kepala Desa Lubuk Tanjung , Rudi Agustri  tersebut menghadirkan pemateri Tenaga Ahli (TA) kabupaten.

Kepala Desa Rudi mengatakan, kunci keberhasilan kemajuan Desa adalah sinergitas antar lembaga dan Pemerintah Desa.Terlebih BPD sebagai mitra pemerintah Desa memiliki posisi strategis untuk membangun Desa, jadi mari sama sama kita majukan Desa kita ini.

Selain dari itu sambung Kades Rudi, Dalam segi jabatan semuanya tergolong baru menjabat, seperti halnya saya selaku Kepala Desa juga baru begitu juga dengan BPD. Selain mengarah pada pokok inti saya juga ingin menjelaskan bahwa terkait pembangunan di Desa Lubuk Tanjung yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2020 mencapai di angka 80 %. Dan sebentar lagi akan diadakan pembangunan berupa PAUD.

“Saya berharap dengan adanya pelatihan Peningkatan Kapasitas BPD ini selain mengoptimalkan kapasitas kelembagaan peran dan fungsi BPD, juga dapat meningkatkan silaturahmi,”ungkapnya Kades Rudi.

Sekretaris Kecamatan ( Sekcam ) Air Napal Ramdani Halian mengatakan, kegiatan pelatihan penting diadakan untuk merefresh kembali pemahaman dalam menjalankan tugas dan fungsi BPD.

“ Mengingat tantangan semakin berat, regulasi juga sangat cepat berubah, mau tidak mau kita harus mengikuti,” jelasnya.

Dia juga mengapresisasi kegiatan pelatihan tersebut. Menurutnya, kegiatan Peningkatan Kapasitas  ini diharapkan bisa membuat BPD tahu tentang tupoksinya. Sehingga apa yang diharapkan antara pemerintah Desa dan masyarakat bisa berjalan dengan baik.

“BPD harus bersinergi dengan Pemdes karena BPD itu mitra, bukan oposisi. Kalau ada yang tidak tepat bisa dikomunikasikan dengan pemerintah Desa. Upayakan penyelesaiannya di tingkat desa dulu jangan langsung keluar,” Tandasnya.

Dalam acara tersebut terlihat hadir, Kepala Desa Lubuk Tanjung Rudi Agustri bersama Sekcam Ramdani Halian dan Kasi PMD Bobi Ertanto, Muhtadin Az Ketua BPD beserta anggotanya, Para Perangkat Desa serta para tamu undangan. ( Sukiman )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.