Memenuhi Kebutuhan Nutrisi, Pemdes Jogja Baru Bagikan PMT Ke Lansia

oleh -196 Dilihat
oleh

TUBARSNEWS. COM– Pada era modern saat ini, kesejahteraan dan kesehatan masyarakat menjadi perhatian utama pemerintah dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Salah satu kelompok masyarakat yang membutuhkan perhatian khusus adalah lansia (lanjut usia). Masalah kesehatan sehingga di ikut sertakan sebagai peserta POSYANDU lansia, makan tambahan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lansia.

Untuk mengatasi hal ini, Pemerintah Desa Jogja Baru, Kecamatan Kerkap, Kabupaten Bengkulu Utara meluncurkan dan menyalurkan Program Makanan Tambahan (PMT) yang diberikan kepada lansia secara rutin hal itu dilaksanakan pada tanggal (28/5/2024).

Program penyaluran PMT di Desa Jogja Baru ini adalah langkah strategis yang diambil oleh pemerintah desa untuk memastikan bahwa para lansia mendapatkan nutrisi tambahan yang diperlukan saat mereka mendapat pelayanan pemeriksaan kesehatan di POSYANDU yang ada di Desa Jogja Baru. Kata Kepala Desa Jogja Baru Iis Yadi, Senin 3 Juni 2024.

” Penyaluran PMT ini dilakukan dengan cara dibagikan langsung dari pemerintah desa dengan mengandeng Posyandu setempat, ” jelas Kades.

Kades Iis Yadi memiliki harapan besar bahwa semua pihak yang terlibat dalam program ini seperti PKK , Bidan Desa dan terutama para Kader Posyandu sebagai petugas, akan melaksanakan tugas mereka dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab.

Tujuan utama dari program ini adalah untuk pelayanan kesehatan bagi para lansia, mereka mendapatkan nutrisi yang diperlukan agar dapat menjalani kehidupan yang sehat dan bermartabat serta para petugas untuk terus selalu menginformasikan pelayanan kesehatan lansia antusias untuk datang ke POSYANDU.

Posyandu sebagai tempat penyaluran PMT menjadi bagian penting dalam keberhasilan program ini. Petugas Posyandu memiliki peran sentral dalam memastikan bahwa bantuan PMT tepat sasaran dan diberikan kepada lansia maupun yang membutuhkan. Mereka diharapkan untuk melaksanakan tugas mereka dengan seksama dan telaten, serta memastikan bahwa proses penyaluran berjalan lancar dan tanpa hambatan.

Selain penyaluran PMT, Posyandu juga dapat memainkan peran penting dalam memantau kesehatan lansia secara keseluruhan. Petugas Posyandu dapat melakukan pemeriksaan kesehatan rutin, memberikan saran gizi, dan memberikan informasi tentang pentingnya gaya hidup sehat kepada para lansia. Ini adalah langkah yang sangat berarti dalam mempromosikan kesehatan dan kesejahteraan lansia di Desa Jogja Baru, ujar Kades Iis Yadi. (Jonbew/adv)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *