Maraknya penyalahgunaan DD,Wabup BU dapat perhatian khusus

BENGKULU UTARA.TUBARSNEWS.COM – Terkait dengan maraknya penyalagunaan Dana Desa (DD) di Kabupaten Bengkulu Utara (BU). Mendapatkan perhatian khusus dari Wakil Bupati Arie Septia Adinata SE MAP. Dimana dirinya secara tegas menyatakan bahwa setiap seluruh perangkat desa yang mempunyai kewenangan mengelola dana desa agar melakukan dengan baik dan benar.
“Pada prinsifnya untuk megelola keuangan anggaran dana desa seharusnya dikelola secara baik dan benar oleh pihak perangkat desa. Bila mana uang negara tidak dapat dipertanggungjawabkan dengan benar maka harus dikembalikan,” kata Wabup.
Dirinya juga menyampaikan, bahwa pihaknya bersama Bupati BU Ir H Mian sudah menugaskan kepada pihak Inspektorat untuk melakukan pengawasan terhadap seluruh Kepala desa sebagai PA yang dalam mengelola anggaran Dana Desa. Dan bila terjadinya penyalahgunaan dana desa agar segera ditindaklanjuti dengan segera.
“Memang untuk pencegahan dalam menggunakan dana desa kita sudah menugaskan kepada pihak Inspektorat untuk melakukan pengawasan. Jadi apabila terjadi adanya penyalahgunaan dana desa itu sudah kewenagannya inspektorat,” ungkapnya.
Sementara itu terkait dengan hal tersebut juga, Inspektur Inspektorat Kabupaten BU Eka Hendriyadi saat ditemui diruang kerjanya, menuturkan bahwa memang benar apabila terjadinya penyalahgunaan dana desa, pihaknya segera melakukan pemeriksaan dan pengawasan terhadap perangkat desa yang melakukan penyalahgunaan dalam pengelolaan dana desa.
“Memang benar apa yang disampaikan pak Wabup, bahwa terkait dengan marakanya penyalahgunaan dana desa menang tugas kita selaku pengawasa terhadap hal tersebut,” ujar Eka.
Lebih lanjut, Eka menuturkan, bahwa apabila memang terjadi ada penyalahgunaan dana desa baik dengan adanya temuan kesalahan adminsitrasi, atau adanya temuan mengakibatkan kerugian uang negara hal. Ini segera kita tindaklanjuti dan hal ini akan dilaporkan kepada pihak Pemkab BU dalam hal ini Wabup BU Arie Septia Adinata.
“Sesuai dengan tupoksi kita memang apa bila terjadi temuan dalam pengelolaan DD pihak kita akan melaporkan kepada pak Wabup,”Tutupnya.(Jonbew)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *