Tugaskan 5 Kades Ikuti Pelatihan SOTK di Lampung,Ini Kata Kadis PMD BU

oleh -516 Dilihat
oleh

BENGKULU UTARA.TUBARSNEWS.COM – Dinas PMD Kabupaten Bengkulu Utara mengeluarkan surat penugasan lima Kepala Desa terpilih yang baru saja melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan disegerakan melakukan pelatihan Struktur Organisasi dan Tata Kerja ( SOTK) Pemerintah Desa diawal masa jabatan (AKT) 3 tahun 2022. Yang mana pelatihan itu berpusat di provinsi Lampung Selatan Jl. Trans Sumatera KM 25 Candimas Natar.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bengkulu Utara Margono mengatakan saat dikonfirmasi wartawan ini, bahwa sesuai permintaan dari Balai Pemerintahan Desa Lampung ditjen bina pemerintahan kementerian dalam negeri untuk melakukan pelatihan SOTK. Dengan adanya permintaan itu, maka pihak DPMD memilih lima 5 orang kepala Desa Sekabupaten Bengkulu Utara untuk mengikuti pelatihan SOTK mulai dari tanggal 31 Juli hingga 3 Agustus 2022.

Adapun nama Kepala Desa yang akan diberangkatkan Ke Provinsi Lampung antara lain
1. Sumaryono Kepala Desa Marga Sakti Kecamatan Padang Jaya
2. Sugeng Rianto Kepala Desa Sumber Rejo Kecamatan Hulu Palik
3. Suyanto Kepala Desa Bumi Harjo Kecamatan Pinang Raya
4. Muhammad So,ib Kepala Desa Air Muring Kecamatan Putri Hijau
5. Agung Hartodi Kepala Desa Pagar Ruyung Kecamatan Batiknau

Lanjut Margono, sejalan dengan nawacita dan dalam rangka mendukung visi dan misi Presiden Republik Indonesia “SDM unggul indonesia maju” yang merupakan salah satu fokus dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN), maka peningkatan kapasitas sumber daya aparatur, khususnya aparatur pemerintahan desa merupakan salah satu program prioritas, agar kepala desa, perangkat desa serta lembaga desa lainnya mampu memahami dan melaksanakan tupoksinya dengan baik sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Disamping itu Kepala Desa mempunyai tugas menyelenggarakan pemerintahan desa, melaksanakan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat dengan menggunakan 2 (dua) pendekatan, yaitu “desa membangun dan membangun desa” yang diintegrasikan dalam perencanaan pembangunan desa, baik rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) desa, rencana kerja pembangunan (RKP) desa yang dituangkan dalam program kegiatan yang didukung dengan APBDES setiap tahun anggaran.

” Kelima ini disegerakan untuk mengikuti pelatihan SOTK ke Propinsi Lampung. Dan nantinya diikuti seluruh kepala Desa yang baru, hanya saja kita menuggu kapan dan waktu untuk SOTK susulan yang belum mengikuti pelatihan,” Pungkas Kadis DPMD Margono. ( Jonbew/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *