Selasa, November 29
Shadow

Hutan TNBBS Lampung Menyimpan Pesona Yang Menakjubkan

LAMPUNG.TUBARSNEWS.COM-Aktifitas Fenomena sumber panas bumi keramikan di areal hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Kabupaten di Lampung Barat, Provinsi Lampung itu, menyimpan pesona menakjubkan bagi pengunjungnya. Yang terletak Pekon Hantatai dan Ratu Negeri Ratu.memendam salah satu fenomena vulkanik Cincin Api di Sumatera (Ring of Fire Sumatera). Senin (4/1/2021)

Menurut muhammad , pemandu ke keramikan di dekat Dusun Pelalangan Pekon Sukamarga Kecamatan Suoh Kabupaten Lampung Barat, Minggu, sejak beberapa tahun terakhir sejumlah pengunjung dari berbagai daerah sengaja datang untuk menyaksikan pesona alam keramikan itu.

Dia menyebutkan untuk pengunjung itu dikenai jasa ojek sepeda motor yang bisa mengantar ke lokasi yang tak bisa dijangkau mobil sejauh sekitar 2 km berkisar Rp50.000 per orang pulang pergi.Sedangkan jasa pemandunya berkisar Rp12.000per orang

harapan salah satu pemandu wisata kepada PEMDA setempat untuk mempermudah akses jalan menuju lokasi wisata karena tidak memenutup kemungknan tempat ini bisa di jadikan BUMDES (badan usaha milik desa) apabila di kelola dengan serius bisa menghasil PAD (pendapatan asli daerah)

Sambung Rini yanti kepala sekolah SDS Muaradua kec BNS salah satu pengunjung wisata menjelas kan disini tempat nya sangat indah walau saya notabane warga setempat namun baru kali ini sengaja mengunjungi tempat ini dan memang pesona alam nya sangat mempesona

Wisata Keramikan Suoh ini mulai dibuka sekitar tahun 2004 dan mulai dikenal tahun 2007 letaknya berada di kaki Bukit Gunung Ratu, tepatnya berdekatan dengan Danau Minyak dan Danau Asam.

Menurut masyarakat setempat, batuan ini berlapis-lapis dan bertambah luas. Di bawah hamparan yang mengeras seperti menyimpan sumber air panas yang tak pernah habis dan terus meletup-letup, pada beberapa bagian ada yang berukuran besar membentuk kubangan atau kolam, dan yang kecil serta mengalirkan air hangat

Gunung Ratu di kawasan ini pernah meletus pada 1933. Letusan itulah yang diyakini masyarakat membentuk empat danau, beserta sumber air panas dengan lempeng-lempeng mengeras di Keramikan.

Saat menuju Keramikan itu, pengunjung akan melintasi padang rumput (savana) yang disebut “Bukit Telletubies” serta empat danau: Asam, Belibis, Lebar, dan Seminyak.

Suoh merupakan salah satu wilayah kecamatan di Kabupaten Lampung Barat yang sekarang telah dimekarkan menjadi dua wilayah kecamatan (Suoh dan Bandar Negeri Suoh). Eko/kr/)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.