HIPMI, Rain Forest dan PGE Ulubelu laksanakan Penanaman Pohon di Hari Menanam Pohon Indonesia

oleh -455 Dilihat
oleh

TANGGAMUS.TUBARSNEWS.COM – Dalam rangka memeringati Hari Menanam Pohon Indonesia 28 November, HIPMI Tanggamus , Rain Forest, Pertamina Geothermal Energy dan Pemerintah Kabupaten Tanggamus melaksanakan penanaman 2020 bibit Alpukat, Mangga dan Belimbing di Pekon Ngarip, Kec. Ulubelu, Sabtu (28/11)di Pekon Ngarip, Kec. Ulubelu. Dalam kegiatan ini  Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani beserta wakil Bupati Hi. AM. Syafi’i juga ikut menghadiri Kegiatan Peduli Lingkungan ini.

Dalam melaksanakan kegiatan ini Ketua DPC HIPMI Tanggamus Fandi Ahmad Damsyik dalam laporannya menyampaikan terima kasih atas dukungan Bupati dan Pemerintah Kabupaten Tanggamus dan pihak-pihak yang mendukung kegiatan ini. Fandi menerangkan bahwa akan dilaksanakan tiga agenda, yakni Penanaman Bibit Pohon Produktif, lalu Peresmian Demplot Rumah Madu Tanggamus Ulubelu (D’RATU) dan Peresmian Kubah Surya (solar dryerdome) Pengeringan Kopi.

Bupati Hj. Dewi Handajani dalam sambutannya mengapresiasi BPC HIPMI Tanggamus,Rain Forest dan Pertamina Geothermal Energy, atas kegiatan yang dilaksanakan.Terlebih, menurut Bupati, BPC HIPMI Tanggamus sangat inovatif dalam memberikan kontribusinya dengan kegiatan pelestarian alam dan pertanian yang merupakan unggulan Kabupaten Tanggamus.

Sementara Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung Yayan Ruchyansyah, menyampaikan apresiasinya atas kegiatan penanaman pohon ini. Yayan menerangkan, nantinya secara massal kegiatan penanaman pohon juga akan dilaksanakan pada awal bulan Desember, atau bertepatan dengan Bulan Menanam Pohon Indonesia dan juga akan sangat membutuhkan dukungan dari stakeholder pemerintah yang ada.

“Jadi nanti kami mengajak kepada Bapak Ibu semua, untuk berperan serta menanam secara virtual, dengan menanam ditempat masing masing, pada waktu dan hari yang sama,” ajak Yayan.

Kegiatan ini berlangsung cukup singkat, setelah sambutan dan pembukaan secara resmi, Bupati, Ketua BPC HIPMI, GM PGE Area Ulubelu, dan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi menyerahkan bibit kepada kelompok tani Ulubelu secara simbolis. Selanjutnya Bupati Hj. Dewi Handajani juga menyerahkan beberapa penghargaan. Pertama Bupati memberikan secara langsung Sertifikat dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI kepada Pekon Ngarip Kecamatan Ulu Belu sebagai  “Penghargaan Lokasi Pelaksana Program Kampung Iklim (Proklim) Kategori Utama Tahun 2020”

Selanjutnya Bupati Tanggamus juga memberikan penghargaan pada pelaku usaha atas Partisipasinya dalam mendukung Program Kampung Iklim (Proklim) serta pemberdayaan masyarakat di Pekon Ngarip Kecamatan Ulu Belu, yakni kepada:PT. Pertamina Geothermal Energy Area Ulu Belu dan PT. Natarang Mining.

Harapan Bupati agar Pengayaan inovasi program adaptasi maupun mitigasi perubahan iklim yang dilaksanakan secara kolaborasi antara pemerintah dengan Stake holder Non Pemerintah, seperti yang dilakukan oleh PT. PGE dan PT. Natarang Mining ini memberikan dampak baik  terhadap masyarakat dalam menghadapi perubahan iklim sehingga tetap produktif dan mengurangi resiko bencana akibat Perubahan iklim tersebut.(kuteko)

No More Posts Available.

No more pages to load.