Sabtu, Desember 3
Shadow

Evaluasi Pilkades Serentak, 9 Desa Belum Ada Calon

BENGKULU UTARA.TUBARSNEWS- Sebanyak 183 Desa dari total 215 Desa yang ada di kabupaten Bengkulu Utara sebentar lagi akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa, Rabu (25/5/2022). Pada saat evaluasi Pilkades Serentak dilaksanakan di aula kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa yang dihadiri seluruh Camat se Kabupaten Bengkulu Utara.

Sebagai Narasumber Sri Dasa Utama, SIP memaparkan kepada media ini bahwa untuk Pilkades semua data yang sudah masuk yang nantinya ikut menjadi calon kepala Desa. Dari total yang sudah di data ada 9 Desa sampai saat ini belum juga mendaftarkan diri sebagai calon Kepala Desa.

Adapun Desa yang belum ada calon diantaranya :
1. Desa Lubuk Banyau
2. Desa Taba Padang Kol
3. Desa Taba Padang Rejang
4. Desa Batu Raja Kol
5. Desa Salam Harjo
6. Desa Magelang
7. Desa Pasar Tebat
8. Desa Suka Marga
9. Desa Air Sebayur

 

Seandainya lanjut Sri Dasa Utama menjelaskan, jika nantinya sampai batas waktu belum juga ada calon maka secara aturan akan ditunda hingga 2025 mendatang dipriode gelombang berikutnya.

” Inikan waktu tinggal 9 hari. Kalaupun tidak juga ada calon terpaksa mengikuti priode berikutnya,” kata Sri.

Untuk mengisi kekosongan itu sementara akan dijabat PJS Kades. Nah, untuk Cakades yang calonnya lebih dari lima orang itu akan digugurkan karena yang dibutuhkan sebanyak lima orang, mekanisme penguguran itu yang berhak dan mutlak adalah PPKD. Pungkas Sri Dasa. ( Jonbew/ Adv )

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.