DPMD Bengkulu Utara gelar Rakor Inovasi Desa

BENGKULU ATARA.TUBARSNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Bengkulu Utara  melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) melaksanakan rapat koordinasi Tim Inovasi  Tahun 2019 bertempat di Balai Ratu Samban Arga Makmur, Selasa (16/7/2019.

Rapat tersebut dibuka secara langsung oleh asisten I Dulah,SE bersama Kadis DPMD Ir.Budi Sampoerno dan  koordinator Tim Inovasi Kabupaten (TIK) serta Pengembangan Kapasitas (P3MD) Provinsi Bengkulu.

Peserta rapat terdiri dari Tim Inovasi Kabupaten, Camat se Kabupaten Bengkulu Utara, Pendamping Desa dan Tim Pelaksana Inovasi Desa serta 19 anggota forum kades.

Pada kesempatan itu, Dulah,SE dalam sambutan  menyampaikan harapannya agar program inovasi desa mampu menjadikan desa mandiri dan sejahtera serta membawa perubahan nantinya.

Kemudian, adanya kebijakan dari Pemerintah Pusat telah membuat suatu terobosan yang sangat strategis sejak tahun 2017 lalu, dengan tujuan supaya semua desa diwilayah Kabupaten Bengkulu Utara dapat mandiri dan sejahtera.
Dirinya  berharap agar seluruh Perangkat Desa dapat berperan aktif sesuai tugas dan fungsi yang ada demi suksesnya Program Inovasi Desa (PID) di Kabupaten Bengkulu Utara.

Ia menjelaskan untuk pelaksanaan Program Inovasi Desa tahun 2019 ini, ada tiga bidang yang dapat dikembangkan oleh Pemerintahan Desa yaitu bidang kewirausahaan dan pengembangan ekonomi lokal, bidang sumber daya manusia dan bidang infrastruktur serta cara pengolahan sampah khususnya di Bengkulu Utara.

” Pemerintahan Desa yang menjadi ujung tombak pelaksanaan Program Inovasi Desa untuk membangun desa.Saya berharap harus ada mitra kerja yang siap untuk mendukung pelaksanaan program ini ,” Jelasnya.

Kadis  PMD Bengkulu Utara Ir.Budi Sampoerno menjelaskan, kegiatan rapat Tim Inovasi Kabupaten ini untuk menyamakan persepsi dan mendorong seluruh  agar dapat berperan aktif sesuai tugas dan fungsi masing-masing.Secara berkualitas agar dapat meningkatkan produktivitas rakyat/masyarakat dan kemandirian ekonomi serta mempersiapkan pembangunan sumber daya yang memiliki daya saing nantinya.

” kita mendorong agar yang ada di Desa berperan aktif dan bisa bersaing dalam bentuk pembangunan,sumber daya,dan kemandirian ekonomi,” Tutup Ir. Budi Sampoerno.(Jonbew)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *