Kamis, Agustus 11
Shadow

Dinilai Tidak Transparan Pengunaan DD,BPD Talang Tua dan Masyarakat Mendesak Kades

BENGKULU UTARA.TUBARSNEWS.COM – Banyaknya pekerjaan mengunakan Dana Desa ( DD) terkesan tidak transparan terhadap warga,maka masyarakat setempat mulai dari BPD ketua RT serta sejumlah warga memilih tanda tangan serta akan melayangkan surat terhadap pemerintah kabupaten Bengkulu Utara.

Hal itu dijelaskan Sekretaris BPD Talang Tua Johanes bersama 14 orang tokoh masyarakat pada saat menandatangi surat yang akan ditujukan ke Pemerintah Daerah. Guna mendesak supaya Kepala Desa Talang Tua Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu terbuka terhadap masyarakat dalam pengelolaan Angaran Dana Desa dan jangan ditutup tutupi.

Karna, menurut warga setempat. Selama ini mulai dari tahun 2017 hingga 2020 Kepala Desa tidak pernah melibatkan masyarakat seperti BPD Ketua RT serta para tokoh masyarakat untuk bermusyawarah terlebih dahulu dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan di Desa,hanya saja pembangunan tersebut atas keinginan kepala Desa semata alias tertutup.

Akibat tidak ada musyawarah dalam suatu pekerjaan, banyaknya bangunan berupa fisik dinilai gagal diDesa tersebut serta diragukan kwalitas nya,ini terbukti hancurnya Pembangunan Jalan Rabat Beton yang baru saja seumur jagung kini kondisinya sangat memprihatikan serta susah dilalui.Kata Johanes bersama Warga.

” Ini akibat kalau tidak ada musyawarah terlebih dahulu. Sekendak tobok tu bae mbuatnyo,yang rugi kito besamo.Ini sebagai contoh rabat beton tu, cubo kalau jalan tu dibuat elok elok sesuai dengan anggaran yang telah direncanakan tentu jalan rabat beton tidak segampang itu rusak,” kesal warga dan BPD.

Tambah Johanes,baru seminggu saya tanya sama Kepala Desa kapan rencananya akan dilakukan pengoralan,Pak Kades dengan gamplang mengatakan dibulan november. Tau taunya material sudah numpuk dan akan dilakukan pembangunan.

” Kemarin sempat heboh disini.Mulai dari camat langsung turun ke Desa ini,karna warga banyak yang geram lantaran kades sudah berbohong,” kata BPD Johanes.

Untuk cari tau kebenaran terhadap penyampaian BPD Johanes dan warga setempat, awak media mencoba mengkonfirmasikan hal tersebut terhadap Kepala Desa Talang Tua Susmo lagi lagi tidak berada di tempat dan awak media juga sudah mendatangi rumah kades baik yang ada di Desa Talang Tua maupun di dekat Bendungan Air Padang juga tidak ada.

Sehinga awak media mengkonfirmasikan hal tersebut ke pada Camat Padang Jaya atas hebohnya Desa Talang Tua, Camat Inayati menjelaskan melalui WhatsAppnya

” Sampean ini tau ajo informasi dak,harapan saya hal itu bisa diselesaikan dengan baik,” singkat Camat Inayati.(Sukiman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.