Shadow

Dinas Pertanian Jangan Fokus Ke Papi Saja, Tolong Perdulikan Petani Pepaya Karena Virus Jamur

TANGGAMUS.TUBARSNEWS.COM-Sebagian petani pepaya California di kabupaten Tanggamus kecamatan Talangpadang dan  Pulau Panggung mengeluhkan penanggulangan virus jamur yang menyerang budidaya pepaya California. Pasalnya apabila tanaman tersebut salah satu sudah terkena penyakit virus jamur maka sudah bisa dipastikan kurun waktu 1 bulan tanaman seluas 1 ha bisa terpapar habis. (08/05/2021)

Di temui di kebun Sukardi selaku petani pepaya California mengeluhkan cara penanggulangan virus jamur pada pepaya tersebut sudah berbagai macam cara dan upaya dilakukan namun masih sulit menanggulangi virus jamur tersebut.

Disela-sela pembicaraan bapak Sukardi menyebutkan sepertinya ini virus jamur Corona pepaya karena apabila dalam jangka waktu 1 bulan tidak bisa disembuhkan maka dalam kurun waktu 1 bulan bisa menular ke semua tanaman yang luasnya 1 hektar.

Bicara tentang kerugian bapak sukadi menjelaskan untuk sewa lahan saja sudah lumayan belum pengolahan tanah ,modal pupuk, modal bibit dan modal tenaga kerja, jika dikalkulasikan 15 juta sudah habis.

Mengenai peran serta dinas pertanian bapak sukadi menjelaskan memang selama ini dinas pertanian konsen di bidang pertanian padi, dan kopi ( Papi ) namun tidak bisa dipungkiri sekarang banyak petani yang beralih ke budidaya pepaya California, kami berharap petani pepaya California diberi ruang yang lebih oleh dinas pertanian serta tolong perdulikan untuk mencari solusi bagaimana cara atasi virus jamur yang saat ini tengah melanda para petani Pepaya California.

Senada yang diucapkan oleh bapak Hamip petani pepaya California yang beralamatkan di Pekon gunung meraksa kecamatan pulau panggung mengeluhkan penanggulangan virus jamur atau korona pepaya California mudah-mudahan dinas terkait turut membantu kami dalam menangani pandemi virus pepaya California ini tutupnya. (Eko)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *