Minggu, Agustus 9
Shadow

DD tahap ke III Desa Sumber Agung adakan pelatihan Budidaya ikan Nila

BENGKULU UTARA.TUBARSNEWS.COM -Pemberdayaan masyarakat solusi mengurangi pengangguran dan meningkatkan perekonomian rakyat di samping itu untuk meningkatkan pengetahuan serta kemampuan.Untuk itu di adakan pelatihan budi daya ikan Nila di Desa Sumber Agung Kecematan Arma Jaya bersumber dari program Dana Desa (DD) tahap 3 tahun 2019,dan pelatihan usaha Ekonomi produktif.Acara tersebut hadiri penyuluh Perikanan Kecematan Arma Jaya selaku Narasumber Ibu Nurul Kabinawati,SP.

Bertempat di kantor Desa Sumber Agung,Kamis (12/12/2019), dan ikut hadir juga para perangkat desa,Karang Taruna  serta dilanjutkan kegiatan praktik budi daya ikan Nila dengan menyerahkan bibit ikan nila sebanyak 4000 ekor.Selaku penyuluh mengatakan, budi daya ikan nila di mana saja bisa, tidak ada alasan  lahan harus luas.

“Budi daya ikan nila tidak mesti harus mempunyai lahan luas.Yang paling diutamakan perawatan serta memberi pakan ikan yang cukup,” jelasnya.

Tambahnya,berbudidaya nila sangat prospek dan dan bisa jadi bisnis utama, di samping pelaksanaannya yang tidak terlalu ribet, keuntungan dari peternak nila juga sangat menggiurkan.

Kalau pelaksanaanya pakai kolam semen memang agak ribet dan biaya sangatlah besar. Tapi kalau menggunakan kolam tanah itu sangat mudah sekali dan ikan pun bisa berlindung dibawah teriknya mata hari.Untuk keuntungan budidaya nila,kata ibu Nurul,di kolam tanah keuntungan bisa mencapai 30 persen dari modal, kira-kira 3 bulan sudah bisa dipanen. Untuk bibit 4000 ribu ekor, bisa menghasilkan ikan berton ton.

Sambungnya, kendalanya memang ada di pasar. Kalau musim hujan pasokan ikan Nila sangat melimpah dan itu berdampak pada harga penjualan, secara tidak langsung menurun. Sedangkan kalau musim kemarau kendalanya ada di air.

“Kelangkaan air jadi faktor menurunya produksi.Dan pasokan yang melimpah berdampak harga,” jelasnya.

Kepala Desa Sumber Agung Ibu Sri Muryani mengatakan,pelatihan ini untuk meningkatkan penambahan pangan bagi warga  terutama adalah untuk RT, biar bisa menunjang penghasilan dan kedepannya bisa membantu masyarakat khususnya warga Desa Sumber Agung.

” Tahun lalu juga pernah pelatihan usaha produktif,dan saat ini pihaknya juga melanjutkan pelatihan budidaya ikan nila, ” ungkap Kades.

Pihaknya berharap barangkali ada kelanjutan dari dana desa ini, atau di tahun berikutnya bisa cepat terealisasi.

“Kalau ada bantuan dari pemerintah pusat maupun dari dana yang lain untuk di kucurkan ke desa kami, nantinya itu semua untuk melanjutkan pelatihan kami yang seperti ini, ” pungkasnya. (Jonbew)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *