Kamis, Desember 2
Shadow

DD Salam Harjo Bangun Drainase, Ini Hasil Tim Pemeriksaan Pihak Kecamatan

BENGKULU UTARA.TUBARSNEWS.COM- Melalui Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2021, Desa Salam Harjo Kecamatan Kerkap merealisasikan program bangun Drainase  ke areal persawahan warga setempat.

Pelaksanaan pembangunan dilakukan secara swakelola oleh TPK Desa Salam Harjo dengan melibatkan dan mempekerjakan warga setempat. Dan sesuai dengan perencanaan yang sudah tertuang dalam Rencana Anggaran Belanja (RAB), kegiatan yang tertuang dalam APBDES ini merupakan salah satu prioritas penggunaan Dana Desa Salam Harjo. Sebelumnya hal tersebut berasal dari hasil usulan masyarakat dan memang sangat perlu untuk  bangun,  mengingat para petani selama ini merasa sulit teraliri areal persawahan mereka.

Disamping itu mengurangi genangan air hujan dilingkungan areal setempat, karena air sudah bisa dialirkan melalui saluran drainase menuju ke badan sungai atau area pertanian.

Kepala Desa Salam Harjo Sunarto  mengatakan Senin (18/10/2021) bahwa saluran drainase yang dibangun ini merupakan salah satu upaya untuk menghindari terjadinya genangan air yang cukup banyak dimusim penghujan dan memang para petani di sekitar areal yang dibangun sudah lama mengiginkan agar drainase lokasi pertanian mereka lancar tanpa ada halangan apapun.

“ Dibangunnya  drainase supaya para petani  tidak akan terhambat karenanya air ,” kata kades.

 Pembangunan tersebut, saat ini telah selesai sesuai dengan target yang ditetapkan dan dengan hasil yang maksimal serta sudah diperiksa oleh pihak kecamatan kerkap sekira tanggal 20  September 2021. Untuk tim pemeriksa yaitu  Misfa. S  PDTI dan Fatonah, S.AP serta Suher Musanto, dari catatan usai dilakukan pemeriksaan bahwa saluran irigasi tersier dibangun sesuai dengan gambar yang ada  dan material yang digunakan sesuai standar, Pungkas Kades. (Jonbew/Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *