Senin, Desember 5
Shadow

Danramil 424 -09 Inf Rahmat Kartolo Melaksanakan Kegiatan Launching Kampung Pancasila di Pekon Panggungrejo

TUBARNEWS.COM PRINGSEWU-Danramil 424 -09 /shk kap Inf Rahmat Kartolo telah melaksanakan kegiatan Launching Kampung Pancasila, Bertempat di Pekon Panggungrejo Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu . Sekira pukul 10:00 wib, Jumat (1/4/2022)

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kpt Inf Rahmat Kartolo selaku Danramil 424-09/Skh, Polsek Sukoharjo Ipda Rusdi, Indra Haryadi Sekretaris Kesbang Pol, Erly Sekcam Skh, Tokoh Agama, Kepala Pekon  ( Kepala Desa ) Kecamatan Sukoharjo, serta para tamu undangan.

Adapun perwakilan dari Pemkab Pringsewu yang mana diwakilkan oleh  Indra Hariyadi Sekretaris Kesbangpol menyampaikan bahwasanya atasnama Pemerintah Kabupaten Pringsewu, saya mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Pekon Panggungrejo Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu. Yang telah mempunyai gagasan dan dukungan terhadap  Pekon untuk menjadi Kampung Pancasila rencana  malam hari ini kita canangkan. Kata Indra

Lanjut Indra, saya juga mengapresiasi kepada berbagai pihak yang telah mendukung dan mensupport kegiatan ini. Dimana kegiatan ini merupakan bukti kepedulian dan cinta kita kepada bangsa dan Negara  Indonesia, Pekon Panggungrejo merupakan salah satu Pekon di Kabupaten Pringsewu yang aktif dalam peran serta terhadap Pemerintah Kabupaten Pringsewu khususnya.

Kegelisahan sebagian masyarakat melihat kondisi bangsa pasca reformasi 1998 silam, Dimana masyarakat selama 20 tahun terakhir ini diperlihatkan kondisi bangsa yang mengalami disorientasi tujuan kemerdekaan. Dengan ditemukannya masih banyak kemiskinan, konflik sosial, demonstrasi, kriminalitas sehingga mengusik rasa aman dan nyaman masyarakat.

Kehadiran kampung pancasila juga dikarenakan tereduksinya nilai-nilai Pancasila semenjak reformasi bergulir. Pemerintah dan masyarakat seolah-olah apatis terhadap nilai-nilai Pancasila sehingga memunculkan kesadaran warga masyarakat untuk membangun kembali jati diri bangsa dengan membuat kampung Pancasila.

Ide berdirinya kampung Pancasila sebagai reaksi masyarakat atas ketidakhadiran Negara dalam mengatasi persoalan sosial dan karakter bangsa yang kian tajam. Kampung Pancasila di kembangkan untuk membangun dan memperkuat nilai-nilai Pancasila seperti gotong royong, kebersamaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan sosial. Masyarakat.

Saling menolong, bersatu, peduli pada lingkungan, dan menjaga kesehatan. Kami sebagai perwakilan Pemerintah Kabupaten Pringsewu berharap Pekon Panggungrejo yang telah di canangkan sebagai Pekon Pancasila dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada Pekon – Pekon yang lain di Kabupaten Pringsewu.

Terutama bagi pekon – pekon yang mempunyai keberagamaan suku, ras,budaya dan agama dengan di inisiasi oleh masyarakat setempat dengan kesadaran sendiri dapat menjadikan Pekonnya sebagai Pekon Pancasila yang syarat dengan nilai-nilai Pancasila yakni membangun Gotong Royong,Toleransi, Persatuan Indonesia, kemanusiaan yang adil dan beradap dan Keadilan sosial.

Konflik sosial sangat rentan terjadi di Indonesia. Hal ini terkait dengan lunturnya Bhinneka Tunggal Ika dan memudarnya fungsi Pancasila sebagai dasar Negara serta memudarnya fungsi toleransi dalam kehidupan sehari-hari. Dampak akibat konflik sosial yang ditimbulkan tidaklah sedikit seperti kerugian materiil dan jatuhnya korban jiwa.

Pekon Pancasila ini mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Pringsewu Mari kita jaga dan kita jadikan keberagaman dan kemajemukan menjadi satu kekuatan yang besar untuk menjaga Kesatuan Negara Republik Indonesia”
sebagai semangat untuk mencintai Pancasila dengan menerapkan prilaku yang menjunjung tinggi kebersamaan dan persatuan, Pungkasnya. (Eko)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.