Dampak El- Nino Kebun Jagung Milik Desa Gagal Panen

oleh -832 Dilihat
oleh

TUBARSNEWS.COM-Tanaman jagung di sejumlah kecamatan dalam kabupaten Bengkulu Utara terancam gagal panen akibat kemarau panjang melanda kawasan tersebut.

Kepala Desa Talang Ginting Kecamatan Air Besi Cenaga mengatakan, tanaman jagung milik desa melalui program ketahanan pangan mengalami kekurangan air. Banyak yang mati dan tidak berbuah, ada juga yang masih tumbuh tapi pertumbuhannya lambat, batangnya kerdil (pendek) dan daunnya keriput.

Ia juga mengatakan, bahwa peristiwa gagal panen seperti ini hanya kali ini saja, dikarenakan cuaca elnino tahun ini sunguh luar biasa panas. Meskipun selalu disiram namun tidak membuat tanaman jagung milik didesa itu membaik justru kian hari tambah layu dan mati.

“Dampak El-Nino ini bukan Desa ini saja yang tergolong gagal panen dan merugi, tapi tanaman jagung milik desa lain juga begitu serta berpengaruh juga bagi tanaman pangan yang lain menjadi tumpuan masyarakat lainnya,” katanya.

Lanjutnya petani jagung asal Kecamatan Air Besi rata rata tahun ini hasilnya tidak memuaskan. Kata dia, lahan pertanian  milik adesa telah ditanami jagung sekira 1,5  bulan yang lalu dengan harapan hasilnya memuaskan.

Namun perkiraannya meleset. “Saat ini tanaman jagung mulai kuning dan kering, bahkan batangnya kerdil dan banyak yang mati,”katanya.

Meskipun telah beberapa kali berupaya menyiram tanaman jagung, namun pertumbuhan tanamanya tetap saja tidak maksimal. Ujar Kades (Jonbew)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.