Bupati Tanggamus Lantik 220 Kepala Pekon Terpilih Hasil Pilkakon Serentak 2020

oleh -482 Dilihat
oleh

TANGGAMUS.TUBARSNEWS.COM – Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani melantik dan mengambil sumpah jabatan 220 Kepala Pekon Terpilih Tahun 2021, di Ruang Rapat Utama, Sekretariat Daerah Kabupaten Tanggamus, Senin (8/3/2021).

Mengingat situasi pandemi Covid 19, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini dilakukan secara langsung hanya terhadap 9 orang Kepala Pekon Terpilih di Kecamatan Kotaagung Timur, serta secara virtual meeting terhadap 211 orang lainnya, yang dipimpin oleh Camat setempat.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Wakil Bupati Hi. AM. Syafi’i, Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, Dandim 0424 Letkol Arman Aris Sallo, Kajari David P Duarsa, Kasat Intel AKP. Syamsuri mewakili Kapolres AKBP. Oni Prasetya, Sekdakab Hamid Heriansyah Lubis, Kabag Tata Pemerintahan Syarief Zulkarnaen dan Camat Kotaagung Timur Yulinarti.

Pelantikan dilaksanakan berdasarkan Keputusan Bupati Tanggamus Nomor : B.82/09/08/2021 Tentang Pemberhentian Penjabat Kepala Pekon dan Pengangkatan Kepala Pekon dalam Wilayah Kabupaten Tanggamus Tahun 2021.

Bupati Hj. Dewi Handajani, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Kepala Pekon yang dilantik.

“Semoga Kepala Pekon yang saat ini sudah dilantik dapat menjalankan amanah serta bekerja sepenuh hati dan ikhlas, dalam memimpin serta melayani masyarakat di pekonnya masing-masing. Demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat pekon,” kata Bupati.

Bupati juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para ASN yang telah menuntaskan tugasnya sebagai Penjabat (Pj) Kepala Pekon di seluruh wilayah Kabupaten Tanggamus.

“Kiranya, pengabdian saudara selaku ASN masih dapat dilanjutkan sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Semoga pengabdian Saudara menjadi sebuah amal kebaikan,” ucap Bupati.

Bupati melanjutkan, bahwa pertama kalinya bagi Kabupaten Tanggamus melaksanakan Pelantikan Kepala Pekon, hasil Pilkakon Serentak se-Kabupaten Tanggamus, dimasa Pandemi Covid-19.

Bupati mengungkapkan, bahwa pelaksanaan tahapan pemilihan Kepala Pekon sampai dengan pelantikan hari ini, bukanlah merupakan pekerjaan yang mudah dan gampang.

“Begitu banyak hambatan dan tantangan yang dihadapi kita semua. Bukan saja dihadapi oleh para kontestan, panitia, namun dirasakan oleh seluruh level pemerintahan, mulai dari pekon, kecamatan sampai kabupaten. Bahkan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri juga ikut merasakan kesulitan dan hambatan yang kita alami bersama,” ungkap Bupati.

Oleh karenanya Bupati mengajak kepada semua pihak untuk melupakan perbedaan dimasa pemilihan yang lalu.

“Sekarang telah terpilih Kepala Pekon hasil pilihan masyarakat. Mari bantu dan dukung sepenuhnya Kepala Pekon didalam melaksanakan pembangunan
pekon, dalam rangka mewujudkan peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat pekon,” ujar Bupati.

Bupati menerangkan, pemilihan Kepala Pekon yang dilaksanakan 16 Desember 2020 yang lalu, dilaksanakan di 220 Pekon, dan diikuti oleh 772 orang Calon Kepala Pekon. Dengan jumlah DPT keseluruhan 306.760 pemilih, dan partisipasi pemilih mencapai 78%.

Masih kata Bupati, seluruh tahapan Pilkakon sampai pelantikan hari ini telah berlangsung sukses, tertib dan lancar, yang dilaksanakan oleh 6.673 orang Panitia, baik ditingkat kabupaten, kecamatan dan pekon.

Selain itu terdapat juga Tim Pengamanan Pilkakon yang berjumlah 1.609 Personel, yang terdiri dari aparat TNI dan Polri, ditambah 62 orang Tim Monitoring Pilkakon yang terdiri dari Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah, dan Camat.

Bupati juga berpesan kepada seluruh Kepala Pekon yang telah dilantik, yaitu:
1. Agar dapat menjalankan tugas sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta menjaga kondusifitas Pekon masing-masing.
2. Saudara-saudari saya minta untuk merangkul semua pihak danmemberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada warga tanpa pandang bulu dalam menyelenggarakan urusan-urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.
3. Kepala Pekon harus menjadi teladan bagi masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan Covid-19.
4. Kepala Pekon harus bisa mensinergikan aparat pekon yang ada dibawahnya agar terciptanya budaya pelayanan RATU di kantor pekon yang Ramah, Amanah, Tegas, dan Unggul demi kemajuan Kabupaten Tanggamus.
5. Berikan inovasi dalam pelaksanaan kegiatan di pekon masing-masing.
6. Lakukan sinergi dan koordinasi yang baik dengan sesama Perangkat Pekon, Kecamatan dan Pemerintah Kabupaten.
7. Majukan perekonomian pekon dengan tidak bertumpu pada anggaran dana desa, lakukan inovasi untuk mendirikan BUMDes dan usaha lain sesuai dengan aturan yang berlaku demi peningkatan perekonomian pekon.

“Dalam setiap kesempatan selalu saya sampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Tanggamus senantiasa
terus membangun diberbagai bidang, baik insfrastruktur maupun dibidang non-fisik. Oleh karena itu mari bersama kita saling mendukung, guna terciptanya suasana yang kondusif sehingga apa yang menjadi cita-cita dan harapan kita dapat tercapai,” tandas Bupati.

Terpisah, Kepala Bagian Tata Pemerintahan, Syarief Zulkarnain, menerangkan jumlah Kepala Pekon yang dilantik di masing masing Kecamatan, yakni ;
1. 9 Kepala Pekon Kecamatan Kotaagung Timur, di Ruang Rapat Utama Sekretariat Daerah.
2. 8 Kepala Pekon di Kantor Kecamatan Kotaagung.
3. 15 Kepala Pekon di Kantor Kecamatan Talangpadang.
4. 25 Kepala Pekon di Kantor Kecamatan Wonosobo.
5. 13 Kepala Pekon di Kantor Kecamatan Pulaupanggung.
6. 14 KepalanPekon di Kantor Kecamatan Cukuhbalak.
7. 19 Kepala Pekon di Kantor Kecamatan Pugung.
8. 15 Kepala Pekon di Kantor Kecamatan Semaka.
9. 6 Kepala Pekon di Kantor Kecamatan Sumberejo.
10. 8 Kepala Pekon di Kantor Kecamatan Ulubelu.
11. 14 Kepala Pekon di Kantor Kecamatan Pematangsawa.
12. 7 Kepala Pekon di Kantor Kecamatan Kelumbayan.
13. 14 Kepala Pekon di Kantor Kecamatan Kotaagung Barat.
14. 9 Kepala Pekon di Kantor Kecamatan Gisting.
15. 10 Kepala Pekon di Kantor Kecamatan Gunungalip.
16. 9 Kepala Pekon di Kantor Kecamatan Limau.
17. 10 Kepala Pekon di Kantor Kecamatan BN. Semuong.
18. 6 Kepala Pekon di Kantor Kecamatan Airnaningan.
19. 8 Kepala Pekon di Kantor Kecamatan Bulok.
20. 1 Kepala Pekon di Kantor Kecamatan Kelumbayanbarat. (Kominfo/Mar)

No More Posts Available.

No more pages to load.