Sabtu, Oktober 23
Shadow

Bupati Mian terkesan Ingkar Janji,Dishub Bujuk Warga Apoho

BENGKULU UTARA.TUBARSNEWS.COM -Masyarakat Enggano khususnya warga Desa Apoho kecematan Enggano Kabupaten Bengkulu Utara merasa kecewa terhadap Bupati Mi’an lantaran ingkar janji  atau pemberi harapan palsu ( PHP).
Sebelumnya, Bupati telah menyampaikan  bahwa Kecamatan Enggano akan diberikan bantuan mobil untuk kegiatan Bumdes di Desa Apoho.Namun sampai saat ini mobil tersebut belum juga dibagikan,sehingga masyarakat tersebut merasa sangat kecewa.
Ketua Forum Kepala Desa Kepulauan Enggano Reddy Kaitora S,Sos menjelaskan,bahwa dalam rapat bersama di ruang pola Sekda yang dihadiri oleh Bupati tanggal (6/9/2019) lalu.
“Mian selaku Bupati berjanji kalau semua desa di Enggano dapat bantuan mobil Bumdes.Akan tetapi kenyataannya Desa kami sama sekali belum dapat,” Tegas Kades.
Lanjut, bahwa di desa Enggano  yang menerima bantuan mobil Bumdes 2 kali.Di antaranya Desa Kahyapu dan Banjarsari,itupun ditahun  2017 lalu dan sampai saat ini belum ada tanda tanda untuk mendapati bantuan yang telah di janjikan.
Tambah Reddy, hampir 3 tahun berturut-turut pihaknya mengajukan proposal untuk bantuan mobil.Tapi sayang,hingga tahun ini belum juga dapat dipenuhi oleh Pemkab Bengkulu Utara.
Padahal,warga Desa Apoho sangat membutuhkan mobil tersebut untuk menjalankan Bumdesnya.
Sementara ini, untuk mengangkut hasil pertanian pisang kepok yang dilakukan oleh Bumdes harus menyewa mobil. Hal tersebut tentu mengurangi penghasilan Bumdes, karena harus membayar uang sewa.
“Desa Apoho belum pernah dapat sama sekali, kenapa Desa lain bisa dapat 2 kali. Kami bosan hanya diberi janji terus,” Keluh Reddy.
Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Eka Hendriyadi ketika dikonfirmasi awak media menjelaskan,benar adanya  4 buah mobil Bumdes di tahun 2019 akan dibagikan, untuk Desa Malakoni, Banjarsari, Kahyapu, Kecamatan Enggano, dan Desa Wonoharjo, Kecamatan Giri Mulya.Namun Desa Apoho akan diberikan pada tahun 2020 mendatang.
“Bergiliran, tolong untuk Kades Apoho bersabar dulu. Itukan yang menentukan siapa yang menerima dari pusat, bukan kami,” Elak Eka.
Untuk membujuk Warga Apoho  Eka menuturkan,untuk Desa Kahyapu dan Banjarsari yang mendapatkan 2 kali bantuan mobil untuk tahun 2017 sudah ditarik oleh pihak Dishub, dan akan diberikan ke Desa di Kecamatan Marga Sakti Seblat dan Kecamatan Giri Mulya.
“Kecamatan Enggano itu prioritas, jadi tolong bersabar. Tahun depan Desa Apoho bakal dapat,” Tutup Eka sembari mencari aman. (Jonbew)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *