Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara lakukan Sosialisasi Pengawas Partisipatif

oleh -481 Dilihat
oleh

BENGKULU UTARA.TUBARSNEWS.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) menggelar sosialisasi Pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Partisipatif tahun 2020. Dengan menghadirkan peserta dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan, pemilih pemula serta organisasi masyarakat lainnya. Kegiatan sosialisasi ini berlangsung di aula cafe restro Rama Agung, Kecamatan Arga Makmur, Senin (19/10/2020). Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber yakni Bawaslu, KPU dan Kejaksaan Negeri Kabupaten Bengkulu Utara.

Ketua Bawaslu Bengkulu Utara Titin Sumarni, mengatakan bahwa dalam Pilkada dibutuhkan keterlibatan masyarakat dalam pengawasan/pemantauan Pemilu. Karena keterlibatan masyarakat sangat diperlukan dalam pengawasan demi tercapainya pemilu yang berintegritas.

“Sosialisasi ini agar para peserta menjadi pengawas partisipatif dalam Pilkada.Sebab keterlibatan masyarakat secara aktif sangat diperlukan demi tercapai pemilu yang berintergritas,” kata Ketua Titin Sumarni.

Selain itu Komisioner Bawaslu Divisi Pengawasan, Tri Suyanto SE juga menambahkan, masyarakat mempunyai kewajiban ikut berpartisipasi dalam pengawasan Pilkada. Keterlibatan masyarakat dalam pengawasan bisa dilakukan pada semua tahapan Pilkada, karena potensi pelanggaran ada dalam setiap tahapan. Oleh karena itu, dalam pelaksanaan pengawasan Pilkada Tahun 2020 ini tidak saja menjadi tugas Bawaslu, akan tetapi juga perlu adanya pengawasan partisipatif dari masyarakat

“Dalam sosialiasi ini juga dijelaskan partisipasi masyarakat yang bisa dilakukan antara lain membangun tradisi demokrasi di keluarga dan masyarakat, tidak menjadi aktor atau pelaku pelanggaran, kemudian menginformasikan atau melaporkan jika menemukan indikasi pelanggaran pemilu dan lain sebagainya,” tukasnya.(Jonbew / Adv )

 

No More Posts Available.

No more pages to load.