Bantuan Kambing Desa Kedu Baru Sarat Diusut

oleh -583 Dilihat
oleh

BENGKULU UTARA.TUBARSNEWS.COM – Adanya bantuan berupa ternak kambing di Desa Kedu Baru Kecamatan Kerkap Kabupaten Bengkulu Utara sarat diusut dan dipertanyakan.

Di mana bantuan Kambing yang berasal dari Dana Desa ( DD) dianggarkan untuk ketahanan pangan tahun 2022 lalu nampaknya sia sia dan terkesan hanya ajang pemotongan anggaran.

hal itu terbukti adanya pengakuan salah seorang warga desa setempat yang namanya ada pada redaksi tubarsnews.com mengatakan untuk bantuan kambing sebelumnya berdasarkan hasil musyawarah yaitu harga kambing 1,8 juta namun anggaran itu dipotong 300 rb per ekor.

” Berdasarkan rapat dibalai Desa pada saat itu bahwa harga kambing 1,8 juta dan dipotong 300 rb dengan alasan pajak,” kata narasumber nama masih disamar.

Selain dilakukan pemotongan berupa pajak 300 ribu per ekor ditambah lagi ada potongan sebesar 10 juta. Yang mana anggaran untuk pembelian kambing sebesar 100 juta.

” Pertama dipotong Kades 10 juta alasan untuk pajak. Setelah dipotong 10 juta dipotong kembali sebesar 300 rb per ekor dengan alasan yang sama yaitu pajak,” ujarnya.

Sebelumnya, ada warga desa  menawarkan diri ada kambing yang tempat tak jauh hanya disekitar provinsi Bengkulu tapi pihak desa ngotot agar kambing tersebut dibeli di luar provinsi yang diimingi oleh rekanan yaitu kambing berasal dari provinsi Lampung.  

Setiba dilokasi, pihak warga langsung datang dan melihat secara langsung kambing tersebut banyak yang sudah dalam keadaan sakit dan lemas dan sebagian kambing ada yang sudah dalam keadaan diare. Sehingga ada beberapa ekor kambing mati, singkat warga.

Sementara, Kades Kedu Baru Yus Minarto saat dikonfirmasi awak media bahwa hal itu tidak usah ditanggapi.

” Itu warga kito, jangan ditanggapilah hal itu,” singkat Kades.

Dengan adanya kejadian itu patut dipertanyakan tentang spesifikasi dan mencoba koordinasi terhadap pejabat yang berwenang. ( Jonbew)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *