9 Perangkat Desa diganti, PPDI Akan PTUN, Ini Kata Kades Tanjung Aur

oleh -556 Dilihat
oleh

BENGKULU UTARA.TUBARSNEWS.COM- Terkait adanya pergantian perangkat Desa Tanjung Aur Kecamatan Air Padang Kabupaten Bengkulu Utara baru baru ini yang dilakukan oleh Kades nampaknya bakal berbuntut panjang. Pasalnya Persatuan Perangkat Desa Indonesia ( PPDI ) Perwakilan Provinsi Bengkulu nampaknya tidak tinggal diam.

Di mana, Ketua PPDI Provinsi Bengkulu Ibnu Majah menyampaikan kepada media ini Jum’ at (17/2/2023) bahwa pergantian perangkat desa yang terjadi di Desa Tanjung Aur terkesan non prosedural. Perangkat desa yang diganti tersebut ada empat orang yang tidak direkomendasikan oleh pihak Kecamatan Air Padang.
” Semuanya memang sembilan perangkat desa yang diganti. 5 orang memang mengundurkan diri, namun empat orang tidak bisa diganti lantaran non prosedural,” Kata Majah.
Majah menambahkan, permasalahan ini sudah dilaporkan ke Inspektorat dan PMD Kabupaten Bengkulu Utara dan dalam waktu dekat ini pihaknya melakukan mediasi kepada Pemerintah Daerah  (Pemda ) guna mencari solusi sembari jika nantinya tidak juga ada solusi terbaik maka tahap demi tahap sudah dilalui tentu pihaknya akan melakukan PTUN.
” Waktu dekat ini kita Mediasi dulu terhadap Pemkab Bengkulu Utara. Jika tidak ada titik terang dalam persoalan ini maka tahapan untuk melakukan PTUN sudah terpenuhi, mengigat 4 orang perangkat yang digantikan oleh Kades non prosedural,” jelas Majah.
Sementara, Kepala Desa Tanjung Aur Kanto Susanto saat dikonfirmasi media ini bahwa dirinya membantah atas apa yang disampaikan oleh ketua PPDI tersebut. Menurutnya Pergantian perangkat desa yang telah dilakukan semua sudah sesuai prosedur dengan memberikan SP1 dan pembinaan SP2.
” Kita melakukan pergantian perangkat itu sudah sesuai prosedur,” Kata Kades melalui Pesan singkat Whash Apnya.
Dirinya mengaku bahwa pergantian perangkat desa non prosedural itu tidak lah benar. Karena menurutnya rekomendasi dari pihak Kecamatan Air Padang sudah ada semua.
Disinggung terkait akan ada upaya mediasi ke Pemda Bengkulu Utara hingga jenjang dan berakhir akan dilakukan PTUN oleh PPDI. Dirinya menegaskan hal itu tentu siap,” Orang ini yang mau PTUN tu sembari mengirimkan bukti satu orang direkomendasikan dari pihak kecamatan Air Padang.Kalau masalah PTUN kita Siap sekali,” Tegas Kades.
Untuk mencari tau seperti apa sebenaran terjadi.  Apakah benar semuanya 9 orang perangkat Desa sudah direkomendasikan oleh Pihak Kecamatan Air padang  seperti yang disampaikan oleh kades serta tudingan  Ketua PPDI pergantian Perangkat Non Prosedural .Wartawan ini mencoba konfirmasikan terhadap Heri Zulpana namun ketika disambung melalui via telepon tidak diangkat dan di Whash Apnya tidak dibalas sehingga berita ini diterbitkan belum mendapat jawaban pasti dari pihak Kecamatan Air Padang. ( Jonbew )

No More Posts Available.

No more pages to load.